HADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0, PENDIDIKAN TINGGI MENRISTEKDIKTI MENGELUARKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN REORIENTASI KURIKULUM.

November 28, 2018

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) menyelenggarakan acara Seminar Nasional TEKNOKA 2018 Seminar ini mengangkat tema Revolusi Industri 4.0: Integrasi Keilmuan dan Kesiapan Teknologi yang bertempat di Aula Ahmad Dahlan lt. 6 FKIP UHAMKA (Sabtu, 24/11).

Acara yang dipandu oleh Nurlina Rahman selaku Master of Ceremony (MC) . Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Irfan dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars Muhammadiyah yang dipandu oleh Dinda. Kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua panitia, Delvis Agusman, S.T., M.Sc. dan sambutan Rektor UHAMKA yang diwakilkan oleh Wakil rektor II UHAMKA Dr. H. Muchdie, Ms. Sekaligus membuka acara Seminar Nasional TEKNOKA 2018.Seminar Nasional TEKNOKA 2018 ini merupakan seminar nasional ketiga yang digelar oleh Fakultas Teknik UHAMKA.

Sesi seminar acara ini diisi oleh Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, MT. MPA selaku Kepala Biro Perencanaan Kemenristek Dikti Yang memaparkan Kebijakan Ristekdikti Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Beliau juga mejelaskan beberapa hal yang pertama mengenai teknologi mendasar revolusi industri 4.0. Kedua, dampak teknologi revolusi industri 4.0 dalam mempengaruhi feature of job, bisnis, dan Pendidikan tinggi. Ketiga, apa tantangan yang dihadapi serta peluan-peluang bagi Pendidikan tinggi di Indonesia. Keempat, respon ristekdikti. Dalam seminar tersebut beliau memutar video tentang video cara-cara bekerja pada revolusi industri 4.0.“Revolusi industri 4.0 merupakan revolusi yang sudah memasuki aspek-aspek kehidupan di Indonesia. Dari aspek Pendidikan tinggi kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi mengeluarkan beberapa kebijakan yang akan mengantisipasi, diantaranya Pendidikan tinggi mengadakan reorientasi kurikulum.

Dalam reorientasi kurikulum diharapkan bahwa siswa menguasai literasi-literasi baru” ungkap Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal MT. MPA.Pembicara kedua Dra. Endang S. Soesilowati, Ph.D selaku Peneliti Bidang Industri dan Perdagangan LIPI PUSAT memaparkan Kesiapan Tenaga Kerja Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Beliau menjelaskan bahwa memang nantinya akan banyak menggunakan teknologi namun akan membuka kesempatan kerja yang lebih luas. Akan adanya pergeseran serta adaptasi terhadap teknologi.

Setelah seminar pembicara kedua dilakukan penyerahan plakat yang diserahkan Dr. Sugema, M.Kom ke Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, MT. MPA dan Dra. Endang S. Soesilowati, Ph.D.
Pembicara ketiga diisi oleh Ir. Oskar Riandi, M.Sc selaku Direktur PT. Bahasa Kita Penemu Software Natula memaparkan Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Realita.
Pemaparan materi dari ketiga pembicara ini dipandu oleh Wildan Toyib selaku moderator. Kemudian dibuka sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator dan dilanjutkan dengan pengumuman lomba. Acara berakhir pada pukul 13.00 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Official Account