Teknik Elektro


PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO

Ketua Program Studi : Harry Ramza, ST., MT., P.hD

                                                                

VISI

Menjadi program studi utama yang menghasilkan lulusan Teknik Elektro yang  unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial dalam bidang telekomunikasi pada tahun 2020.

Pernyataan Visi Program Studi Teknik Elektro di atas mengandung maksud sebagai berikut.

Program studi utama bermakna:

  1. Seluruh civitas Program Studi Teknik Elektro, termasuk alumni berperilaku utama (akhlakul karimah) karena Program Studi Teknik Elektro merupakan lembaga ilmiah dan lembaga dakwah.
  2. Program Studi Teknik Elektro menjadi program studi utama (papan atas) sejajar dengan program studi ternama lainnya di DKI
  3. LulusanProgram Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA yang berkompeten dengan spesialisasi bidang Teknik Elektro (Teknik Telekomunikasi) yang dilandasi oleh keunggulan dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

Unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial memiliki arti sebagai berikut.

  1. Cerdas spiritual, ditunjukkan dengan sikap dan keyakinan bahwa seluruh khasanah ilmu pengetahuan bersumber dari Allah Swt. Oleh karena itu, Program Studi Teknik Elektro UHAMKA memaknai seluruh kegiatan dan proses pendidikan yang berlangsung di kampus adalah cara anak manusia yang dengan hati nuraninya untuk terus bertaqarrub kepada Allah dalam menggapai ilmu dari sumber utamanya. Kecerdasan spiritual ini menjadi basis bagi pembentukan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan sosial lulusan dan menjadi nilai unggul yang khas dari segenap civitas akademika dan lulusan Program Studi Teknik Elektro UHAMKA;
  2. Cerdas intelektual, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap smart, kreatif, inovatif, objektif, tangkas, didasari oleh sikap tawadlu kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan mampu memerankan diri sebagai solusi bagi lingkungan;
  3. Cerdas emosional, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap menyadari hakikat diri sendiri, berprinsip lebih baik ’memberi’ daripada ’menerima’ sebagai implementasi Surat Al-Maun, berempati, bersemangat untuk berprestasi, bekerja keras, tidak mudah putus asa, dan pandai bekerja sama (bersinergi);
  4. Cerdas sosial, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap bermanfaat bagi lingkungan, toleran sesuai dengan petunjuk Allah pada Surat Al Kafirun, menghargai orang lain, gemar bersilahturami, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan lingkungan, bertanggung jawab menjadi elemen persyarikatan Muhammadiyah.

MISI Prodi Teknik Elektro :

  1. Mengembangkan kegiatan pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang terintegrasi dengan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu.
  3. Menyelenggarakan penelitian bidang Teknik Elektro yang berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam skala nasional dan internasional.
  4. Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang berkontribusi dalam memecahkan masalah masyarakat dan peningkatan mutu pendidikan Teknik Elektro.
  5. Mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam bidang Teknik Elektro.

TUJUAN Program Studi Teknik Elektro :

Program Studi Teknik Elektro UHAMKA memiliki tujuan seperti terurai di bawah ini.

SASARAN Program Studi Teknik Elektro :

Sejalan dengan visi dan misi serta tujuan Program Studi Teknik Elektro, maka ditetapkan beberapa sasaran yang mencakup bidang:

1)  Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
  1. Menghasilkan 70% mahasiswa sebagai kader persyarikatan Muhammadiyah untuk mencapai dakwah
  2. Meguasai materi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh
  3. Dapat mengaplikasikan gaya hidup sehat di lingkungan kampus yang sesuai dengan prinsip Al Islam dan Kemuhammadiyahan dengan slogan “Kampus Tanpa Asap Rokok”.
2)  Pendidikan dan Pengajaran
  1. Peningkatan rata – rata Indeks Prestasi Kumulatif lulusan Program Studi Teknik Elektro ≥ 3,25.
  2. Peningkatan kelulusan yang tepat waktu (8 semester).
  3. Peningkatan rata – rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan sesuai bidang Program Studi Teknik Elektro ≤ 3
  4. Pengembangan kurikulum yang sesuai dengan visi misi dan kebutuhan Program Studi Teknik Elektro setiap 4 tahun
3)  Penelitian dan Pengembangan
  1. Rata – rata jumlah penelitian Program Studi Teknik Elektro sebanyak 8 penelitian setiap
  2. Rata – rata pembiayaan penelitian dari pihak internal maupun eksternal ≥ Rp15.000.000,00 per
  3. Terpublikasinya secara bertahap karya ilmiah hasil penelitian bidang Teknik Elektro baik pada jurnal tidak terakreditasi maupun terakreditasi dan terindeks.
4) Bidang Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat

Penyelenggaraan Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat mengacu bidang Teknik Elektro yang berdampak pada

  1. rata – rata jumlah kegiatan pengabdian masyarakat sebanyak 8 kegiatan setiap
  2. rata – rata pembiayaan pengabdian masyarakat dari pihak internal maupun eksternal sebesar Rp6.000.000,00 per
  3. Peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

5) Kewirausahaan

  1. Peningkatan jumlah mahasiswa yang berwirausaha sebanyak 1 orang setiap tahunnya.
  2. Peningkatan jumlah proposal PKM-K sebanyak 2 proposal setiap