Seminar Teknoka Tingkatkan SDM dan Mutu Pendidikan

12508999_1132755070076117_8525745289347592704_nFakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) menggelar seminar nasional Teknoka sebagai sarana komunikasi para dosen, peneliti, dan pakar dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan pendidikan serta penelitian dengan institusi terkait.

Wakil Rektor II Uhamka Dr. Muchdie, MS. menyatakan dengan kegiatan seminar Teknoka bertajuk Pemanfaatan Teknologi Untuk Indonesia Berkemajuan membahas inti daya saing. Jika masyarakat kita berbasis pada pengetahuan atau knowledge basic society. Sejatinya, knowledge atau pengetahuan merupakan dasar dari teknologi yang mengalami inovasi.

Melalui rilis kepada pers, di Jakarta, Senin (1/2) ,Muchdi menyatakan kegiatan Teknoka sebagai bentuk kepedulian Fakultas Teknik UHAMKA pada perkembangan riset dan teknologi dalam bidang informatika, teknik elektro, dan teknik mesin

Ia menjelaskan Fakultas Teknik UHAMKA berdiri sejak tahun 1997. Selama perjalanannya, Fakultas Teknik UHAMKA berkembang menjadi salah satu Fakultas Teknik yang terus tumbuh dengan memiliki tiga program studi, yaitu Program Studi Informatika, Program Studi Teknik Elektro, dan Program Studi Teknik Mesin.

Dekan Fakultas Teknik UHAMKA M. Mujirudin ST MT, menambahkan untuk mempersiapkan daya saing dalam MEA dengan mendorong semua dosen untuk studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

Hal ini telah dilakukan UHAMKA dengan bantuan penuh mempersiapkan infrastruktur berupa software atau perangkat lunak, dengan sarana yang digunakan untuk pendidikan dan riset serta perangkat keras atau hardware dengan memperbanyak riset dan pengembangan dengan kolaborasi melibatkan dosen dan mahasiswa .

Sementara itu, Dirjen Penguatan Inovasi dan Teknologi Dikti, Kemenristek Dikti,Jumain Appe, selaku pembicara utama Seminar Nasional Teknoka menegaskan daya saing bangsa terletak dalam mempersiapkan sumber daya manusia atau SDM pada tingkat high education yaitu Perguruan Tinggi (PT)mampu mencetak sarjana yang siap pakai di era MEA.

” PT harus mampu melakukan kolaborasi riset dan pengembangan serta peningkatan kualitas SDM agar dapat menemukan inovasi yang tujuannya bermanfaat bagi masyarakat,”pungkas Jumain Appe.

Leave a Reply