UHAMKA MULAI BERGABUNG DALAM PROGRAM SEAMEO SEATVET 2019

The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) adalah sebuah lembaga antar Pemerintah di wilayah regional Asia Tenggara yang didirikan pada tahun 1965 atas kesepakatan Pemerintah di Negara – Negara Asia Tenggara dalam mempromosikan kerjasama dibidang pendidikan dan kebudayaan.

Kegiatan yang diinisiasikan oleh SEAMEO bertujuan untuk menyikapi dan mempersiapkan mobilisasi tenaga kerja terampil lintas Negara di Asia Tenggara.  SEAMEO memiliki visi tersendiri yaitu menjadikan organisasi terkemuka dalam meningkatkan pemahaman regional dan kerjasama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan AsiaTenggara.

Selain itu, Southeast Asia Technical and Vocational Education and Training (SEATVET) merupakan bagian dari program SEAMEO yang menitikberatkan kegiatan mobilitas siswa/mahasiswa, transfer kredit, kerjasama kurikulum, kerja sama gelar, dan sistem pendidikan terpadu dengan industri, sebagai bagian kurikulum pendidikan tinggi.

Pada tahun 2019 ini Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA  (UHAMKA) mulai bergabung dalam Konsorsium SEAMEO SEATVET. Dimana akan melaksanakan program magang (internship) bagi mahasiswa di negara-negara ASEAN terutama Filipina, Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Kamboja. Mahasiswa tersebut akan melaksanakan program magang di mitra universitas atau politeknik yang menjadi mitra.

Program ini khusus bagi mahasiswa program studi vokasional seperti teknik, ekonomi, kesehatan masyarakat, farmasi, dan komunikasi di UHAMKA. Dilaksanakan minimal sebulan atau lebih. Untuk mengikuti program ini, ada beberapa persyaratan dan form yang harus diisi, antara lain asuransi kesehatan. Biaya dibebankan ke mahasiswa, dengan kemungkinan subsidi dari fakultas sesuai kesepakatan masing-masing.

Kampus yang mengirim, juga harus menerima mahasiswa asing untuk ikut magang di mitra kampusnya. Dengan demikian, jika UHAMKA mengirim dua mahasiswanya, akan menerima dua mahasiswa asing di mitra Fakultas UHAMKA.  Program magang ini diragendakan dilaksakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2019 tentunya dengan koordinasi antara fakultas dan Kantor Urusan Internasional UHAMKA.

Leave a Reply