Fakultas Teknik Uhamka Menerapkan Software Turnitin untuk Skripsi Mahasiswa

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA mulai menerapkan aturan baru untuk tugas akhir mahasiswa. Salah satunya adalah dengan menerapkan Plagiarism Checker yakni dengan menggunakan Turnitin. Tujuannya, untuk Menghindari plagiarisme penulisan Skripsi mahasiswa Fakultas Teknik UHAMKA. Di mulai dari sidang skripsi pertengahan bulan November 2019, fakultas teknik mulai gencar menerapkan aturannya untuk bidang tulisan. Disusul dengan Laporan Kerja Praktik Mahasiswa juga yang diharuskan agar sebelum disidangkan wajib untuk di tes dengan software Turnitin .

Pengecekan Berkas Skripsi oleh Sekretariat

“Kami Selaku Pustakawan Perpustakaan Fakultas Teknik Mulai memberlakukan pengecekan skripsi mahasiswa sebelum diajukan untuk didaftarkan mengikuti sidang skripsi. Hal tersebut sesuai dengan arahan Wakil Dekan 1 yang mengeluarkan edaran informasi terkait syarat pengecekan skripsi yang akan disidangkan”. Lutfan Zulwaqar, S.IP selaku Koordinator UPT Perpustakaan FT UHAMKA.

Lutfan Zulwaqor, S.IP
(Koord. UPT Perpustakaan FT)

Penerapannya secara bertahap, mulai dari prosentase similarity nya belum dibatasi namun hanya di arahkan agar tidak lebih dari 20%, hingga saat ini untuk skripsi yang akan disidangkan Februari 2020 sudah ditetapkan yakni tidak lebih dari 20%. (Pengumuman No. 065/A.12.03/2020).

Hasil Prosentase Similarity tersebut diharuskan kurang dari 20% . Penggunaan Software Turnitin di fakultas Teknik UHAMKA memang baru berjalan kurang dari 1 tahun dan penggunaannya masih dalam proses bertahap. Semester Ganjil 2019/2020 penggunaan Turnitin mulai diimplementasikan bukan hanya untuk tugas akhir mahasiswa saja, melainkan digunakan juga untuk penelitian Dosen, Tugas Mahasiswa dan lainnya.

Leave a Reply