Siapkan Inovasi Teknologi di Masa Pandemi Fakultas Teknik Adakan Seminar Nasional

Situasi Pandemi Covid-19 memaksa orang untuk berubah, hampir di semua sendi kehidupan,  baik masalah Kesehatan, ekonomi, sosial, dan budaya. Semua dituntut untuk beradaptasi. Sehingga pengembangan teknologipun  juga semakin cepat, karena dipaksa oleh keadaan. 

Dekan Fakultas Teknik UHAMKA, Sugema dalam sambutannya mengatakan bahwa “Fakultas Teknik merupakan institusi pendidikan yang memiliki tanggung jawab moral dalam membantu masyarakat untuk menghadapi kesulitan akibat dari pandemi Covid-19 yang sudah lama tak kunjung berakhir. Sumbangsih yang dapat diberikan Fakultas teknik UHAMKA paling tidak, upaya dalam membangun karya cipta inovasi teknologi, untuk membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat, bangsa, dan negara’” ujarnya.

“Seminar Teknologi (Teknoka-5) yang merupakan Agenda Tahunan dalam Rangka Milad UHAMKA dan Milad Muhammadiyah ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi para Dosen dan mahasiswa dalam menciptakan inovasi teknologi yang adaptif terhadap situasi pandemi, maupun situasi pasca pandemi berakhir, demikian,” pungkas Sugema.

Seminar Teknoka-5 ini diselenggarakan secara Daring, dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum pagi ini, yang dihadiri oleh peserta, Presenter / Pemakalah  dari tiga kelompok Bidang Ilmu, yaitu Bidang Informatika, Bidang Elektronika dan Bidang Mesin. Pemakalah dan peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya dari Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Denpasar Bali, serta daerah lainnya.

Gunawan Suryoputro mengapresiasi pada kegiatan ini bahwanya ia mengatakan “situasi pandemi Covid-19 ini memaksa kita untuk menyesuaikan sebuah keadaan yang dramatis,  tidak terkecuali perubahan ini harus diikuti dengan pengembangan. Oleh karena itu, tema yang diusung dalam acara ini sangat relevan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan” Ujarnya.

 

 

Tema yang diusung dalam Seminar ini adalah Inovasi Teknologi Yang Adaptif Dalam Menghadapi Era Adaptasi Di Era Kehidupan Baru. Dengan harapan dapat meningkatkan semangat dan ghirah dalam  membangun karya Inovatif dalam bidang teknologi mutahir untuk kemaslahatan masyarakat, baik pada saat masa pandemi ini maupun pada saat menghadapi adaptasi Era Kehidupan baru nanti.

Kegiatan Seminar ini juga menunjukkan kepedulian Fakultas Teknik dalam memberikan kontribusi untuk menyelesaikan masalah-masalah bangsa yang sedang di hadapi. Setidaknya Fakultas Teknik Uhamka dapat menyumbangkan ilmu pengetahuan yang di miliki melalui karya cipta inovasi teklologi.

Menurut Sugema, “generasi di era disruptif ini harus mampu mengembangkan pemikiran-pemikiran yang inovatif yang menghasilkan karya inovasi teknologi yang smart dan ramah lingkungan. Selain itu juga harus mampu menjalankan amanah perguruan tinggi untuk memberikan pemahaman  tentang tantangan dan peluang pada era disrupsi bagi masyarakat, khususnya di lingkungan Fakultas Teknik UHAMKA dan Persyarikatan Muhammadiyah pada umumnya”.

Di akhir sambutannya sugema menyampaikan bahwa “Bidang Pendidikan juga perlu mendapat perhatian yang lebih untuk menghadapi kesulitan-kesulitan  di masa Pandemi, karena hanya dengan teknologi, adaptasi dipastikan dapat disesuaikan dengan model pembelajaran yang cocok dengan situasi saat ini maupun dimasa yang akan datang”. Ujarnya.

Leave a Reply